Tuesday, January 7, 2014

Model Carton Box

Model Carton Box

(kartonmedia.blogspot.com)

Model Box ( sumber http://www.kkm.co.id )

Dengan semakin banyaknya model Carton Box yang berkembang di hampir tiap negara, dimana masing-masing negara mengembangkan model box yang berbeda-beda, maka diperlukan standarisasi istilah agar bentuk atau model box  bisa dimengerti secara universal oleh semua orang walaupun berada di tempat yang berbeda. Apalagi dengan sistem jual beli melalui internet maka penggunaan istilah yang bersifat universal mutlak diperlukan.
Berikut contoh model / type box yang paling sering digunakan  sesuai dengan standard ISO  :
 1.    TYPE A1 ( Regular Slotted Container ) 
Box type A1 ini adalah model box yang paling umum digunakan untuk berbagai keperluan. Selain model boxnya yang praktis dan mudah dalam penggunaan dan distribusinya model A1 juga harganya lebih murah dibanding model lainnya. Hal ini disebabkan karena model ini mudah dikerjakan secara masal dan tidak membutuhkan pisau diecutter dalam proses produksinya. 
Ciri-ciri box type A1 adalah flap lebar bertemu tepat ditengah-tengah, dan biasanya direkatkan dengan isolasi atau lakban.

  

2.     TYPE A2 ( Over flap slotted container )

Box type A2 modelnya hampir sama dengan type A1, perbedaannya terletak pada tutup atau flapnya. Jika model A1 flap bertemu tepat ditengah-tengah sedangkan type A2 flapnya sedikit over (tumpuk) beberapa centimeter. Model ini jarang digunakan karena dari sisi keunggulan hampir sama dengan A1 tapi harganya lebih mahal karena luas bahan yang dibutuhkan lebih besar.


3. TYPE A3 ( Center special slotted container )
Pada type box A3 kedua flap bertemu tepat ditengah-tengah, sehingga bagian tepi box tidak lurus seperti type A1 (lihat gambar dibawah). Karena bagian tepi tidak lurus maka pemotongannya tidak bisa menggunakan pisau slitter dimesin Corrugator tapi dipotong menggunakan pisau diecutter. Model box ini harganya lebih mahal karena selain bahan yang dibutuhkan lebih luas dibanding type A1 juga prosesnya menggunakan pisau diecutter.
Flap 1 = ½ lebar & Flap 2 = ½ panjang.

  4.    TYPE A5 ( Full flap slotted container )
Model box A5 sekilas nampak mirip dengan model A1, bedanya pada saat ditutup flap lebar penuh sampai dibagian tepi (tidak bertemu ditengah-tengah seperti type A1). Model box ini lebih cocok digunakan untuk box yang ukuran lebarnya kecil.  

Flap = lebar
  
5.    TYPE C1/C2 Top & Bottom
a.    
  

  




b.    Type C3 (Top) dan C4 (Bottom) 
 
 
- See more at: http://kartonmedia.blogspot.com

3 comments: